Mandi Malam Hari Bisa Sebabkan Rematik, Mitos atau Fakta?

Air untuk kehidupan manusia sangat signifikan. Salah satu penggunaan air adalah sebagai sarana pembersihan (bath), baik untuk membersihkan semua anggota badan dan membersihkan benda-benda yang berkaitan dengan siklus menstruasi kehidupan manusia. Ada pertanyaan terkait air yang biasa mandi, apa mungkin jika seseorang mandi di malam hari? Bukankah kamar mandi di malam hari bisa menyebabkan rematik?

Pertanyaannya sering diungkapkan oleh kebanyakan orang yang sering disarankan untuk tidak mandi pada malam hari, dengan alasan kemudian terkena rematik. Dari sekian banyak orang yang mendengar nasihat itu, pasti ada dalam pikiran mereka untuk menanyakan apakah itu benar?

Rematik adalah sejenis penyakit sendi inflamasi. Biasanya, orang yang mengalami penyakit ini, akan merasakan sakit yang terjadi pada persendian, sehingga sering mengeluhkan rasa sakit. Tapi ternyata penyebab penyakit rematik tidak bisa ditentukan. Hal tersebut diungkapkan oleh Prof. Dr. dr. Handono Kalim, SpPD dikutip dalam buku Dismantle kesalahpahaman tentang makanan dan kesehatan. bahwa pencetus penyakit rematik tidak dapat ditentukan. Namun, faktor gaya hidup tidak sehat bisa memicu timbulnya penyakit rematik.

Lantas, apakah cara melancarkan haid mandi malam bisa memicu penyakit rematik? Jawabannya adalah tidak. Masih dalam penjelasan di buku tersebut, mandi malam bisa menyebabkan rematik bukan kebenaran yang pasti. Padahal, jika mandi di malam hari, terutama air yang digunakan untuk mandi adalah air dingin, biasanya seseorang akan merasa tidak nyaman dan merasa keriput setelah mandi. Hal ini diaktifkan oleh otot yang kaku karena tidak tahan terhadap flu.

Karena itu, mandi malam mungkin bukan alasan seseorang terkena penyakit rematik. Tapi, ada catatan Nich Comrade Source untuk seseorang yang telah didiagnosis oleh dokter yang menderita rematik, akan lebih bijaksana jika menghindari mandi di malam hari dan merekomendasikan mandi dengan air hangat yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada persendian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sudah Dewasa Tapi Masih Tidur Ngiler? Bisa Jadi itu Masalah Kesehatan

Sering Makan Sushi? Simak Risiko Kesehatan di Baliknya